Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Penyebab Bau Badan Tak Sedap – Tubuh manusia secara alami pastinya memproduksi dan mengeluarkan keringat yang menjadi suatu bagian dari penurunan suhu tubuh. Tubuh memiliki kelenjar keringat atau kelenjar aprokin yang tumbuh di daerah yang banyak memiliki lipatan tubuh atau lipatan kulit, seperti ketiak, lipatan di belakang lutut, lipatan selangkangan paha. Namun paling banyak kelenjar aprokin paling banyak di daerah ketiak.

Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar dan banyak memproduksi keringat dan bakteri. Maka tak heran jika bau badan yang tidak sedap sering muncul di daerah ketiak. Beberapa ornag ada yang memiliki keringat yang banyak karena kelenjar keringat yang dimiliki cukup besar terutama pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau gemuk. Orang gemuk umumnya mudah sekali berkeringat dan umumnya keringat yang dihasilkan bau tak sedap. Keringat yang bercampur dengan bakteri ini akan menimbulkan bau tak sedap.

PENYEBAB BAU BADAN

Umumnya bau badan yang tidak sedap ini juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh terhadap produksi asamĀ  yang menyebabkan bau badan. Penyebab Bau Badan Tak Sedap :

1. Ketidakseimbangan diet

Diet tidak hanya digunakan sebagai program dalam menurunkan berat badan. Diet juga dapat dijadikan tolak ukur untuk mendisiplinkan dalam pola hidup dan pola makan. Ketidakseimbangan diet ini disebabkan oleh kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengkonsumsi daging, makanan yang banyak mengandung kolin (telur, hati ikan, dan kacang-kacangan), bawang merah, bawang putih, jengkol, makanan pedas tertentu, kopi dan alkohol, gorengan dan makanan berlemak yang dapat menyebabkan bau badan.

2. Stress emosional

Stress emosional juga dapat memicu Penyebab Bau Badan Tak Sedap dan memicu produksi kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat lebih banyak saat pikiran atau keadaan emosi diliputi oleh stress. Jika stress ini tidak bisa diminimalisir atau diatasi dengan segera, maka bakteri akan semakin muncul dan berkembang biak serta bercampur dengan keringat yang menyebabkan bau badan.

3. Meningkatnya produksi hormon

Produksi hormon akan meningkat ketika dalam masa pubertas terutama pada anak-anak, dan remaja. Ketika masa pubertas mulai muncul, produksi hormon juga akan meningkat, termasuk produksi kelanjar aprokin atau kelenjar keringat ditambah dengan adanya aktivitas yang dilakukan setiap harinya.

4. Kelainan genetik

Orang-orang tertentu secara genetik cenderung memiliki bau tubuh yang kuat. Sebuah kelainan genetik langka trimetilaminuria (trimetil amina di dalam urin ), ditandai dengan bau amis di napas, keringat dan urin. Sindrom ini disebabkan oleh cacat pada enzim yang memecah trimetil-amina, produk sampingan dari pencernaan protein yang dikeluarkan oleh bakteri yang ada dalam usus.

5. Penyakit

Beberapa penyakit dapat menjadi Penyebab Bau Badan Tak Sedap. Salah satu penyakit paling umum yang dapat menyebabkan bau badan adalah diabetes. Hal ini terutama terjadi bila gula darah penderitanya kurang terkontrol sehingga mengembangkan kondisi yang disebut ketoasidosis. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan bau badan tetapi juga bau nafas yang khas. Bau badan yang buruk juga bisa menjadi pertanda penyakit liver atau ginjal yang parah di mana tubuh tidak mampu memproses dan mengeluarkan racun tertentu. Kondisi ini dapat dipastikan dengan tes darah yang mengukur fungsi ginjal dan hati. Kadang-kadang, tiroid yang terlalu aktif juga bisa menyebabkan masalah bau badan karena kecenderungan pasien untuk berkeringat berlebihan.

MENGHILANGKAN BAU KETIAK

Menghilangkan bau ketiak secara alami bisa dilakukan dengan cara dibawah ini :

  1. Menghilangkan bau ketiak dengan mandi 2 kali dalam sehari menggunakan sabun dan membersihkan seluruh tubuh sebelum melakukan aktivitas dan setelah melakukan aktivitas.
  2. Campurkanlah air perasan jahe ke dalam air hangat yang akan Anda gunakan untuk mandi
  3. Kurangi makanan yang mengandung bawang bawangan seperti bawang putih, bawang merah, dan jenis bawang-bawangan lainnya karena juga akan menjadi pemicu dari bau mulut.
  4. Rebuslah daun sirih beberapa lembar kemudian hasil rebusan tadi diminum dengan teratur setiap hari.
  5. Makanlah kemangi setiap hari sebagai lalapan untuk membantu menghilangkan bau ketiak.
  6. Gosokkanlah ketimun pada daerah yang sering mengeluarkan bau badan misalnya adalah ketiak.

Ramuan alami untuk membantu menghilangkan bau ketiak adalah :

  1. Akar wangi
    Cara menghilangkan bau ketiak dengan akar wangi adalah ambillah seikat rumput akar wangi, kemudian rendamlah di dalam ember selama kurang lebih minimal 2 jam. Kemudian gunakanlah air rendaman tadi untuk mandi dan basuhlah pada tubuh Anda.
  2. Tomat
    Buah tomat bisa membantu untuk mengurangi dan menghilangkan bau badan. Caranya adalah blender 3 buah tomat segar namun sebaiknya jangan tambahkan gula. Campurkanlah jus tomat tadi ke dalam bak air mandi, dan jangan tambahkan sabun atau busa ke dalam bath tub. Anda bisa berendam selama 30 menit.

Penyebab Bau Badan Tak Sedap


=====================================

>>> Obat Bau Badan, 100% Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Badan, Bau Keringat, Bau Ketiak & Bau Kaki Pada Pria dan Wanita, klik Detail Disini!

=====================================


This entry was posted in Menghilangkan Bau Ketiak and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *